Monday, 5 August 2013

Jejak Ramadhan di Kehidupan


Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh sebagian orang. Bulan yang penuh berkah, penuh hikmah, banyak pelajaran yang bisa dijadikan bekal untuk bulan selanjutnya. Bahkan, bagi orang yang sangat menanti dan menikmati bulan ini, sangat sedih ketika hari-hari terakhirnya. Ibaratkan perpisahan, tidak tahu apakah masih bisa bertemu atau tidak dikemudian hari.
 

Ada beberapa hal yang harus kita teruskan meskipun bulan ramadhan telah usai, seperti :

>Solat tepat waktu dan berjamaah
Pas ramadhan, kita berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Semua pasti inget ceramahnya pak ustad. Kalo ramadhan itu solat sunnah aja pahalanya sama dengan solat wajib dihari biasa. Kalo hari biasa solat berjamaah itu pahalanya 27x lipat, pas ramadhan… wuuiiihh… lebih lebih lagi. Nah, jangan sekedar liat pahalanya aja, tapi liat nilai yang terkandung didalamnya. Ramadhan mengajarkan kita gak lalai solatnya alias on time! Dan yang lebih baik lagi kalo bisa berjamaah.

QS. Al Maa’uun (107) : 4-5 
“Maka celakalah orang-orang yang sholat, yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya”

“Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian.” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 650)
 
 

>Rajin membaca Alqur’an
Sebagian orang mungkin pas ramadhan bikin target berapa halaman baca alqur’an per hari, harus khatam minimal 2x, dst, dsb, dkk….. ini bagus banget buat ngelatih kita biar disiplin dan rajin ngaji, tappiihh…. Jangan pas ramadhan aja ya… lanjutin juga di bulan-bulan berikutnya.


QS. Al Isra’ (17) : 9

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.”
 

>Rajin bersedekah
Siapa yang pas ramadhan sedekan tiap hari?? Hayyoo ngacung!
Tuh kan… hampir semua. Alhamdulillah, hal yang baik itu harus kita lanjutkan dan pertahankan. Daripada kita banyak jajan yang gak jelas, mending berbagi buat yang membutuhkan, tul gak?? 

QS. Al Baqarah (2) : 245

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan


QS. Al Baqarah (2) : 261

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
 

 

>Giat menuntut ilmu
Kalo yang namanya ramadhan mau dateng, kita pada sibuk buat bolak-balik buku ato searching di internet tentang ramadhan. Maklum, walaupun ramadhan rutin dateng setaun sekali, tapi masih ada aja yang lupa dengan niat, rukun, syarat, dan hal lain seputar ramadhan. Nah, alangkah baiknya kalo tradisi ini kita teruskan di kehidupan  sehari-hari. Ilmu Allah itu luas. Banyak yang harus kita amati dan pelajari. Karena itu, yuk cari ilmu! :D 

QS. Al-Mujaadilah (58) : 11

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.
 


>Dan lain-lain.
Tips :
Buat target biar makin semangat ibadahnya. Gak cuma target, tapi aksinya harus sejalan. Kalo perlu, lewatin targetnya. ^^

Semoga berkah ramadhan menjadikan kita muslim yang lebih baik lagi, amiiin.

Sumber gambar : komikmuslimah.blogspot.com

Alhamdulillah, dapet award dari komik muslimah ^^


Baca juga artikel lainnya di http://komikmuslimah.blogspot.com/p/bagi-bagi-award.html

No comments:

Post a Comment